About STHD

SEJARAH STHD

Pada awalnya penyelenggaraan pendidikan agama Hindu bagi umat Hindu di Karesidenan  Surakarta dan sekitarnya (Propinsi Jawa Tengah) diselenggrakan secara sederhana dan atas kesadaran masyarakat itu sendiri yang tumbuh dari bawah melalu swadaya masyarakat. Kemudian pada tahun 1973 ada perkembangan dibidang pendidikan agama Hindu, Yayasan Pitamaha Klaten mendirikan lembaga Pendidikan Guru Agama Hindu (PGAH) Pitamaha Klaten. Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pitamaha, PGAH Pitamaha Klaten merupakan lembaga pendidikan agama Hindu yang dalam perkembangannya cukup signifikan. Kualifikasi lulusan PGAH Pitamaha Klaten dipersiapkan untuk mengisi formasi  guru agama Hindu tingkat Sekolah Dasar, dan bahkan ada beberapa yang menjadi guru agama Hindu tingkat SMTP, karena pertimbangan kebijakan tertentu pada waktu itu.

Dalam perkembangan lebih lanjut, keberadaan PGAH Pitamaha Klaten cukup eksis, bahkan pada era tahun 1980-1990 termasuk lembaga pendidikan (sekolah) yang cukup diminati atau menjadi pilihan masyarakat, karena sebagian besar lulusan PGAH Pitamaha dapat terangkat sebagai guru pendidikan agama Hindu. Tidak hanya itu saja, Ijazah  PGAH  Pitamaha pada waktu itu juga bisa dipakai untuk melamar menjadi Kepala Desa, dan ternyata memang banyak lulusan PGAH Pitamaha yang menjadi Kepala Desa.

Selanjutnya dengan dikeluarkannya Undang-Undang Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 1989, maka berdampak juga pada Sekolah Hindu, yang akhirnya pada tahun 1992 PGAH Pitamaha Klaten resmi dibubarkan oleh pemerintah, karena tidak diperlukan lagi calon guru agama Hindu yang tamatannya berkualitas Pendidikan Guru Agama Hindu (PGAH). Untuk meneruskan pembinaan dan pelayanan kepada umat Hindu di bidang pendidikan agama Hindu, maka para tokoh Hindu bersama-sama umat Hindu dan instansi terkait baik di daerah maupun di pusat berjuang terus untuk memperjuangkan kesinambungan sistem institusi yang memberikan pelayanan pendidikan agama Hindu kepada umat Hindu.

Berkat kesungguhan dan perhatian pemerintah, kerjasama para tokoh umat Hindu dengan berbagai lembaga dan instansi terkait, maka pada tahun 1983 Yayasan Pendidikan Widya Aksara Dharma (Akta Notaris No. 26 Tahun 1983) merintis, mendirikan dan mengelola Lembaga Pendidikan Tinggi Agama Hindu yakni Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten dengan program studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu setingkat Diploma Dua (D.2) pada tahun 1985 dan setingkat Diploma Tiga (D.3) pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 1990 membuka program Strata Satu (S.1) Keguruan dan Pendidikan Agama Hindu, dengan status terdaftar SK Dirjen Bimas Hindu dan Buddha Departemen Agama RI No. H/4/SK/1990 Tanggal 3 Maret 1990.

Program Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu merupakan satu-satunya program pendidikan pada Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten yang diselenggarakan  berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Hindu dan Budha Nomor: H/TL.00/686/1988 Tentang Ijin Operasional Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah dan mendapatkan Status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Bimas Hindu dan Budha Nomor: H/4/SK/1990, tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah, Program D.2, D.3, S.1.

Selanjutnya  Ijin Operasional STHD Klaten Jawa Tengah diperpanjang melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Departemen Agama RI Nomor: DJ.V/79/SK/2008 tanggal 21 Juli 2008 tentang Pemberian Ijin Perpanjangan Penyelenggaraan Jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Agama Hindu Jenjang Strata Satu (S1) pada Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten Jawa Tengah.

Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah adalah Perguruan Tinggi Hindu Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Widya Aksara Dharma Klaten Jawa Tengah yang terdaftar pada DiKetuaat Jenderal Bimas Hindu dan Budha dengan Surat Keputusan Dirjen Bimas Hindu dan Budha Nomor: H/19/SK/1986, tentang Pendaftaran Yayasan Pendidikan Widya Aksara Dharma Klaten. STHD Klaten Jawa Tengah berlokasi di Desa Karang Anom, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Telp. (0272) 3352795.

VISI

Visi Sekolah Tinggi Hindu Dharma Negeri Jawa Tengah adalah menjadikan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Negeri Jawa Tengah mampu mewujudkan Sumber Daya Manusia Hindu yang profesional dan bermoral.

MISI

Untuk mewujudkan Visi maka Misi Sekolah Tinggi Hindu Dharma Negeri Jawa Tengah sebagai berikut :

a.       Mewujudkan STHDN Jawa Tengah sebagai perguruan tinggi Hindu yang unggul dan bertanggung jawab dalam pendalaman agama, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi , seni dan budaya Hindu yang dilandasi falsafah Tri Hita Karana.

b.      Mewujudkan STHDN Jawa Tengah sebagai perguruan tinggi Hindu yang memiliki kemampuan bersaing, adaptif dan responsive terhadap tuntutan jaman.

c.       Mewujudkan STHDN Jawa Tengah sebagai perguruan tinggi Hindu yang handal dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Hindu yang berkualitas, profesional, mandiri, demokratis, bertanggung jawab dan tangguh yang berpijak pada nilai-nilai agama Hindu.

Iklan
%d blogger menyukai ini: