Sunarto, S.Ag. M.Si, Ketua STHD Klaten Jawa Tengah memberikan keterangan dalam wawancaranya, bahwa penegrian STHD Klaten sedang dalam proses. Team Penegrian STHD Klaten sedang mempersiapkan studi kelayakan yang berbentuk proposal (usulan) penegrian STHD Klaten kepada Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI. Ketua STHD Klaten dalam keterangannya, memastikan bahwa proposal usulan penegrian STHD Klaten beserta kelengkapannya, akan selesai akhir bulan Desember ini, dan selanjutnya pada awal Januari 2011 Proposal perubahan status STHD Klaten dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri segera dilimpahkan kepada Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, untuk diproses lebih lanjut pada Menteri. Sunarto dalam keterangan lebih lanjut menyampaikan, bahwa penegrian STHD Klaten ini dilakukan agar terjadi peningkatan kualitas SDM di STHD Klaten itu sendiri.

Selanjutnya, di sela-sela menghadiri Wisuda S1 STHD Klaten Jawa Tengah, Dirjen Bimas Hindu Prof. DR. Ida Bagus Yudha Triguna, M.S, membenarkan proses penegrian STHD Klaten. Beliau mengatakan, bahwa setelah terjadi kesepakatan intern STHD Klaten untuk diubah statusnya menjadi negeri dengan menandatangani surat pernyataan baik dari Ketua STHD Klaten dan atau Ketua Yayasan Pendidikan Widya Aksara Dharma, untuk menyerahkan segala asset STHD Klaten kepada pemerintah setelah menjadi negeri, selanjutnya STHD Klaten harus mengajukan studi kelayakan (Proposal Penegrian) yang harus diajukan kepada Dirjen Bimas Hindu, yang selanjutnya akan dipelajari dan dilanjutkan kepada Menteri Agama. Dalam keterangannya Dirjen Bimas Hindu juga megharapkan kepada pemerintah, agar lulusan STHD Klaten dapat diserap menjadi tenaga-tenaga  pemerintahan di segala bidang, dengan demikian peluang lulusan STHD Klaten terbuka luas.

Di sisi lain, bahwa harus terjadi keseimbangan kualitas sumber daya manusia di lingkungan STHD Klaten itu sendiri. Dosen dan Karyawan di STHD Klaten dituntut untuk mampu meningkatkan kinerja profesionalnya. Dosen dan Karyawan STHD yang kurang lebih berjumlah 50 orang sebagian besar merupakan pegawai swasta yang direkrut oleh Ketua Yayasan Pendidikan Widya Aksara Dharma Klaten Jawa Tengah. Dengan diubah statusnya menjadi negeri, maka besar harapan dosen dan karyawan STHD Klaten akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementria Agama Republik Indonesia, dengan demikian dosen dan karyawan serta mahasiswa STHD Klaten dituntut kedisiplinannya (purwanto STHD Klaten).

Iklan